Posted by Unknown
On Selasa, 15 Oktober 2013



Sering kita tahu bahwa banyak sekali orang yang tidak peduli terhadap lingkungan. Misalnya saja kita sering menjumpai orang membuang sampah tidak pada tempatnya. Hal ini membuat ekosistem yang ada akan menjadi rusak sehingga kita tidak bisa menyediakan tempat yang layak untuk generasi-generasi selanjutnya. Akibat yang ditimbulkan oleh kerusakan alam ini akan menjadi sangat serius. Manusia tidak akan sadar tentang apa yang mereka lakukan. Mereka tidak berfikir kalau perbuatannya akan mengakibatkan orang lain sengsara, lebih tepatnya lagi dapat menghancurkan alam yang kita tempati selama bertahun-tahun ini. Mereka hanya memikirkan apa yang ada di otak mereka, yaitu kepuasan nafsu mereka yang berupa harta. Mereka tidak memikirkan nasib orang lain yang ada di sekitar tempat itu. Akibat yang ditimbulkan oleh perbuatan mereka ini tentu saja dapat mengancam nyawa para manusia lain. Paling tidak kerugian yang ditimbulkan yaitu pencemaran lingkungan yang meliputi tanah, air, dan udara. Jika tidak dicegah maka kerusakan ini akan terus menyebar hingga seluruh belahan bumi ini.
Kerusakan lingkungan tidak hanya terjadi di darat saja, tetapi juga terjadi di laut. Adapun kerusakan-kerusakan yang timbul ini adalah disebabkan oleh manusia. Namun manusia cenderung tidak menyadari apa yang mereka perbuat dan terus melakukannya tanpa henti. Hal ini akan mengancam kehidupan para penduduk bumi. Bahkan yang lebih buruk lagi kerusakan lingkungan ini dilakukan hanya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini berarti mereka berbahagia di atas penderitaan orang lain. Adapun contoh-contoh perbuatan yang menyebabkan kerusakan lingkungan yaitu:
1.    Menebang pohon. Perbuatan ini tentu saja yang paling sering terjadi di Indonesia. Menebang pohon, terutama dengan tanpa izin akan mengakibatkan warga yang ada di sekitarnya juga ikut terlibat dalam kerusakan-kerusakan yang terjadi. Dengan demikian maka warga yang tidak beersalah akan turut merasakan akibat yang ditimbulkan oleh penebangan tersebut. adapun akibat yang ditimbulkan oleh penebangan pohon ini yaitu dapat berupa banjir atau longsor. Banjir dan longsor ini dapat mengakibatkan pemukiman masyarakat akan hancur sehingga  masyarakat tidak lagi mempunyai tempat untuk tinggal.

2.    Menggunakan freon. Kita tahu bahwa freon adalah zat yang dapat melubangi ozon. Sedangkan ozon digunakan untuk melindungi bumi dari bahaya sinar ultraviolet agar tidak menembus bumi. Apalagi penggunaan freon tidak dapat dirasakan akibatnya dalam jangka waktu yang cepat sehingga penggunaan freon di muka bumi semakin banyak. Jika penggunaan freon sudah mulai banyak maka akan mengakibatkan berlubangnya ozon di atmosfer semakin melebar. Hal ini akan mengakibatkan ssinar ultraviolet akan menembus bumi sehingga banyak penduduk bumi yang terkena kanker kulit. Ozon yang berlubang ini juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu di permukaan bumi sehingga bumi akan menjadi panas. Pemanasan yang terjadi di daerah kutub akan menyebabkan es yang ada di kutub mencair sehingga volume air di bumi akan meningkat. Jika ini terus berlanjut maka bumi akan tenggelam. Inilah yang dinamakan pemanasan global.
3.    Merusak terumbu karang. Terumbu karang adalah tempat tinggal hewan-hewan yang ada di laut. Ketika terumbu karang rusak maka hewan-hewan yang ada di laut tidak lagi mempunyai tempat tinggal. Lebih buruknya lagi hewan-hewan tersebut akan punah. Hal ini dikarenakan hewan-hewan tersebut tidak mampu melangsungkan kehidupannya karena tempat tinggalnya telah hancur. Di terumbu karang juga makanan-makanan hewan laut berada sehingga ketika terumbu karang hancur maka hewan-hewan laut tidak dapat menemukan makanan. Jika hal ini berlanjut maka ekosistem yang ada di laut akan rusak sehingga terjadi pencemaran air laut oleh bangkai hewan-hewan yang mati tersebut. seharusnya jika ingin menangkap ikan tidak perlu dengan bom yang bisa merusak ekosistem laut seperti itu. Cukup dengan cara yang klasik saja, dengan begitu kita dapat mempertahankan kelangsungan hidup hewan-hewan yang ada di terumbu karang tersebut.
Demikian itulah contoh-contoh perbuatan yang dapat merusak lingkungan kita, sebenarnya masih banyak lagi perbuatan yang lain, yang akibatnya lebih parah daripada itu. Jika kita sadar dengan apa yang kita lakukan maka kita akan dapat berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Dan apabila kita mau menjaga lingkungan maka tidak hanya kita yang merasakan manfaatnya tetapi semua orang pasti juga dapat merasakannya. Apalagi generasi-generasi yang akan datang juga bisa menempati bumi yang masih indah dan berseri. Pasti itu akan menjadi hal yang paling menarik. Ketika kita melakukan pencegahan terhadap kerusakan lingkungan maka secara tidak langsung kita menyelamatkan penduduk bumi sehingga bumi tidak lagi terancam dengan hal-hal yang buruk. Oleh karena itu kita harus dapat mencegah perbuatan yang bisa merusak alam, setidaknya dimulai dari diri kita dan mulai dari sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev Beranda

Copyright © 2012 Pendidikan Biologi | Spongebob Cartoon Theme | Re-Designed by Yandi Mulyadi