Posted by Unknown
On Selasa, 15 Oktober 2013
Ciliandra Fangiono, Sang Pengusaha yang Sukses dengan Bisnis Kelapa Sawit

Ciliandra Fangiono merupakan salah seorang pengusaha muda di Indonesia yang termasuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Ciliandra Fangiono adalah pengusaha muda yang merintis kesuksesannya dalam bidang kelapa sawit. Bisnis kelapa sawitnya berada di Sumatera dan Kalimantan. Ciliandra Fangiono memiliki perusahaan kelapa sawit yang mengelola hingga lebih dari 247.000 hektar perkebunan kelapa sawit. Perusahaan ini bernama First Resources Ltd. Tidak hanya itu saja, karena kepiawaiannya dalam mengelola perkebunan ini, sekarang perusahaan kelapa sawitnya yang bernama First Resources Ltd. telah dikenal hingga ke luar negeri. Selain itu, perusahaan kelapa sawitnya kini juga memiliki anak perusahaan, bernama PT Ciliandra Perkasa. Namun untuk anak perusahaannya ini hanya memfokuskan dalam bidang penanaman dan panen kelapa sawit saja. Sedangkan untuk perusahaan utamanya lebih mengutamakan pembuatan buah kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit.
 
Ciliandra Fangiono adalah orang yang mengejutkan dunia bisnis. Ia merupakan pengusaha termuda yang berhasil menjadi jajaran orang terkaya di Indonesia. Ia menjadi triliuner termuda yang usianya baru berumur 36 tahun. Pada tahun 2009, Ciliandra Fangiono tercatat di majalah Forbes dalam jajaran orang terkaya di Indonesia urutan ke 18. Kekayaannya pada tahun 2009 diperkirakan hingga mencapai 710 juta dollar Amerika Serikat atau jika dikonversikan kedalam rupiah adalah 6,75 triliun rupiah. Pada tahun 2010, kekayaan Ciliandra Fangiono turun dan di majalah Forbes Ciliandra Fangiono posisinya turun menjadi urutan ke 20. Demikian juga pada tahun 2011 yang posisinya masih tetap sama yaitu masih berada pada urutan ke 20 daftar orang terkaya di Indonesia.
Ciliandra Fangiono memiliki keluarga yang juga pebisnis. Bahkan ayahnya juga bergerak di bidang kelapa sawit. Ayah Ciliandra Fangiono yang bernama Martias ini adalah orang yang telah mendirikan perusahaan First Resources Ltd., yang tidak dapat dipungkiri  membantu Ciliandra Fangiono untuk sukses. Saudara-saudara dari Ciliandra Fangiono sendiri juga telah membantunya dalam bisnis kelapa sawit ini. Tanpa kehadiran saudara-saudaranya tidak bisa dipastikan sekarang Ciliandra Fangiono bisa sesukses ini, bahkan masuk dalam daftar pengusaha muda terkaya di Indonesia. Salah satu saudara Ciliandra Fangiono ini adalah Cik Sigih yang merupakan saudara laki-lakinya yang sangat berperan penting dalam perkembangan perusahaan First Resources Ltd. Tersebut. Ciliandra Fangiono memiliki istri yang bernama Lim Mei Jin Serene dan dari hubungannya dengan Lim Mei Jin Serene, Ciliandra Fangiono mempunyai dua anak.
Sebenarnya Ciliandra Fangiono hanya meneruskan usaha ayahnya di perusahaan First Resources Ltd. tersebut. Namun di tangan Ciliandra Fangiono justru perusahaan ini dapat berkembang dengan pesat bahkan  sampai terkenal di luar negeri, tentunya dengan bantuan keluarganya. Semenjak tahun 2003, ayah Ciliandra Fangiono sudah tidak terlibat dalam saham perusahaan sehingga hanya tinggal Ciliandra Fangiono dan saudaranya yang meneruskan usaha tersebut sehingga pada tahun 2009 saham perusahaan bisa naik hinga mencapai 30 persen dari tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2008. Ciliandra Fangiono merupakan seorang yang berpendidikan tinggi dalam bidang ilmu ekonomi. Ia berhasil mempunyai gelar Bachelor of Arts dengan kehormatan kelas pertama dan juga mempunyai gelar Master of Arts di Cambridge University, Inggris. Selain itu, beliau juga merupakan sarjana Ekonomi Senior yang pernah mendapat penghargaan dari Price Waterhouse. Tentu saja biaya yang dikeluarkan Ciliandra Fangiono tidaklah sedikit. Dengan pendidikan setinggi ini Ciliandra Fangiono pantas mendapatkan kesuksesan yang dirasakannya saat ini. Jerih payahnya selama bertahun-tahun terbayar dengan kesuksesannya ini. Ini membuktikan jika kita mau berusaha dan mempunyai tekad yang kuat untuk terus maju maka kita akan mendapat semua yang kita inginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev Beranda

Copyright © 2012 Pendidikan Biologi | Spongebob Cartoon Theme | Re-Designed by Yandi Mulyadi