Posted by Unknown
On Selasa, 15 April 2014
                                                        Global Warming
 
   Global warming berasal dari kata “global” yang artinya mendunia dan kata “warming” yang artinya meningkatnya suhu (pemanasan). Berarti global warming merupakan meningkatnya suhu yang terjadi di seluruh dunia. Akibat dari adanya global warming itu sendiri sangat mengerikan untuk dibicarakan. Adanya global warming ini merupakan ulah dari manusia yang semena – mena mengeksploitasi bumi sehingga mencemari udara dan kemudian dapat mengakibatkan peningkatan suhu di bumi. Global warming dapat menyebabkan radiasi sinar ultraviolet oleh matahari sehingga dapat mengakibatkan kanker kulit. Global warming juga dapat mengakibatkan mencairnya es di kutub utara sehingga volume air laut bertambah. Hal ini dapat mengancam kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi ini.

   Penyebab dari global warming itu sendiri berasal dari kehidupan manusia. Adapun penyebab – penyebab global warming diantaranya yaitu:
a.    Maraknya penebangan pohon
Banyaknya penebangan pohon menyebabkan kurangnya oksigen di permukaan bumi. Kita tahu bahwa pohon berfungsi menyerap karbondioksida yang  apabila terdapat dalam jumlah tinggi akan mengakibatkan pencemaran udara dan mengeluarkan oksigen yang dapat kita gunakan untuk bernafas. Dengan banyaknya penebangan pohon maka akan menyebabkan kadar karbondioksida di udara melimpah karena tidak diserap oleh pohon dan menyebabkan kadar oksigen menurun di atmosfer karena tumbuhan telah jarang. Banyaknya karbondioksida di atmosfer akan mengakibatkan semakin panasnya bumi.
b.    Banyaknya kendaraan bermotor
Kendaraan bermotor telah umum di kalangan masyarakat sehingga banyak sekali masyarakat yang bepergian menggunakan kendaraan bermotor.  Mereka tidak tahu kalau mereka telah menyumbangkan pencemaran yang menyebabkan global warming. Asap kendaraan bermotor mengandung karbon monoksida apabila tidak terbakar secara sempurna, sedangkan ketika terbakar secara sempurna maka menghasilkan karbon dioksida. Kita tahu bahwa dua gas ini sangat membahayakan ketika kadarnya sangat tinggi dalam atmosfer sehingga dapat menipiskan lapisan ozon dan kemudian hal ini akan mengakibatkan global warming.
c.    Banyaknya penggunaan CFC
CFC merupakan zat yang biasa terdapat alat – alat rumah tangga, misalnya lemari es dan AC. CFC ketika di udara akan dapat bereaksi menghasilkan atom Cl. Ketika atom Cl ini berikatan dengan ozon, maka akan menghasilkan oksigen sehingga lapisan ozon berlubang. Ozon yag berlubang ini dapat menyebabkan sinar ultraviolet masuk dengan mudah dan mengakibatkan panas yang sangat hebat pada daerah yang ozonnya berlubang tersebut. Apabila CFC digunakan secara terus menerus maka lapisan ozon yang berlubang akan semakin bertambah sehingga membahayakan penduduk bumi.
     Untuk mengcegah global warming dapat dimulai dengan penanaman kembali hutan yang gundul atau yang biasa disebut dengan reboisasi. Dengan penanaman kembali pohon – pohon yang telah mati akan dapat mengembalikan aktivitas pohon, yaitu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen sehingga bumi dapat terlindungi. Cara mencegah global warming juga bisa melewati masyarakat yang sering menggunakan kendaraan bermotor, yaitu dengan mengurangi jumlah kendaraan bermotor di jalan raya. Masyarakat yang ingin bepergian dapat dengan cara naik kendaraan umum atau dengan naik sepeda ramah lingkungan. Dengan begitu, kadar karbon dioksida dapat dikurangi sehingga resiko global warming juga dapat dicegah. Pencegahan ini juga dapat dilakukan dengan mengurangi penggunaan peralatan rumah tangga yang mengandung CFC. Dengan pengurangan itu maka kita juga dapat mencegah berlubangnya lapsan ozon. Apabila ozon tidak berlubang maka kehidupan makhluk hidup di bumi juga akan terjamin. Oleh karena itu, apabila kita berniat untuk menjaga bumi kita yang indah ini, kita harus memulai dari diri kita sendiri dan dari hal yang paling kecil. Dengan begitu kita akan dapat membantu dunia dalam mencegah global warming yang saat ini telah menjadi desas – desus dunia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Pendidikan Biologi | Spongebob Cartoon Theme | Re-Designed by Yandi Mulyadi